Tips Dan Trik

Cara Mencegah Virus dan Malware Android

Cara Mencegah Virus dan Malware Android
Cara Mencegah Virus dan Malware Android

Cara Mencegah Virus dan Malware Android Penyebab android error bahkan mati total salah satunya adalah virus. Virus dan Malware ini juga bisa mencuri data penting di smartphone anda. Agar perangkat tidak terjangkit virus dan malware anda mesti jeli dalam memilih aplikasi. Pasalnya kemungkinan perangkat terjangkit virus karena salah install aplikasi. Terutama aplikasi dari pihak ketiga. Aplikasi tersebut lebih rentan membawa virus. Mencegah perangkat agar tidak terjangkit virus tentu menjadi upaya yang mesti anda lakukan.

Selain itu anda wajib membaca bagaimana review aplikasi tersebut. Jika reviewnya positif tentu aplikasi aman untuk diunduh. Semua perangkat android memang rentan terinfeksi virus. Namun anda pun bisa dengan mudah mencegahnya dengan cara sederhana. Memasang aplikasi antivirus juga menjadi cara mudah lainnya agar perangkat tidak terinfeksi virus. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk berbagai cara mencegah virus dan malware di android.

Berbagai Cara Mencegah Virus dan Malware Android

  1. Membaca review aplikasi

Salah satu potensi terbesar untuk virus masuk ke android adalah dari aplikasi pihak ketiga. Oleh sebab itu sebelum menginstall aplikasi baca dulu reviewnya. Jangan sampai anda salah memilih aplikasi dengan review buruk. Sempatkan sedikit waktu anda untuk melakukannya. Jika review positif maka aplikasi tersebut tidak berpotensi virus. Begitu pula sebaliknya.

  1. Periksa pembuat aplikasi

Periksa juga siapa yang membuat aplikasi tersebut. Developer aplikasi yang terpercaya biasanya kerap menyediakan aplikasi yang memiliki review positif. Selain itu aplikasi dengan jumlah pengunduh banyak juga menjadi ciri lain bahwa aplikasi tersebut dibuat oleh pihak developer yang kompeten. Jika anda meragukannya lebih baik urungkan untuk menginstall aplikasi tersebut.

  1. Hati-hati terhadap aplikasi market pihak ketiga

Selain di Google Play Store anda juga bisa mencari aplikasi di market pihak ketiga. Namun potensi membawa virusnya lebih besar sehingga tidak direkomendasikan untuk dicoba. Jika di Play Store saja terkadang ada malware yang terselip, maka di pihak ketiga pun sudah tentu lebih rentan lagi dengan adanya virus.

  1. Jangan sembarangan memberikan akses Superuser

Akses Superuser pada aplikasi bisa diberikan bagi perangkat yang sudah di-root. Namun hal tersebut sebaiknya tidak anda berikan sepenuhnya terlebih pada aplikasi yang meragukan. Hal ini sama halnya dengan memberikan kontrol penuh pada perangkat pada malware. Efeknya virus menjadi mudah masuk melalui Superuser ini.

  1. Scanning virus dan malware secara reguler

Fungsi scanning ini adalah untuk mencegah munculnya virus yang menyerang perangkat android. melakukan proses scanning juga membantu android mencegah virus muncul di  perangkat anda. cobalah install aplikasi scanning virus sebagai upaya antisipasi jika perangkat anda terjangkit malware dan bisa digunakan untuk scanning secara optimal.

Demikianlah berbagai cara mencegah agar android tidak terjangkit virus dan malware. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × three =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker