KameraTips Dan Trik

Inilah Fungsi Mode Otomatis Dalam Dunia Fotografi

Inilah Fungsi Mode Otomatis Dalam Dunia Fotografi

Mode Otomatis

Mode otomatis adalah fitur kamera digital saat ini di mana fotografer menyerahkan berbagai pengaturan kamera, seperti ISO, Bukaan, Kecepatan Rana, dll. Pada kamera. Dengan menggunakan mode ini, pada dasarnya fotografer menginstruksikan kamera untuk mengikuti standar yang ditetapkan oleh pabrikan terkait dengan situasi dan kondisi pada saat pemotretan.

Tidak berarti bahwa kamera akan menjadi tidak fleksibel. Kamera digital saat ini sangat canggih sehingga mereka dapat “berpikir” dan menyesuaikan pengaturan kamera dengan situasi dan kondisi saat memotret. Jadi, berbagai faktor dalam ISO, termasuk Exposure Triangle (ISO, Aperture, Shutter Speed) akan menyesuaikan sesuai dengan data standar yang telah diberikan oleh pabrikan.

Biasanya orang-orang biasa dan pemula adalah orang-orang yang paling sering menggunakan mode otomatis pada kamera karena pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki masih menghambat untuk membuat lebih lanjut. Sebaliknya, banyak fotografer pada level lebih lanjut biasanya sering “tidak ingin” menggunakan mode otomatis karena dianggap menjadi penghalang kreativitas ketika memotret.

Namun, tidak semua melihatnya. Masih ada banyak fotografer bahkan di tingkat mahir dan profesional yang masih menggunakan mode otomatis saat memotret, misalnya Eric Kim, fotografer jalanan Korea yang terkenal. Dengan Ricoh GR II, lebih sering memasang mode otomatis saat memotret. Itu karena menggunakan mode otomatis pada kamera memiliki “keuntungan” yang sangat besar.

Hemat WAKTU

Keuntungannya adalah dalam bentuk WAKTU. Itu terlihat tidak signifikan karena hanya berbeda beberapa detik. Namun, dengan mengirimkan pengaturan foto ke kamera, fotografer akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengatur KOMPOSISI foto yang akan dibuat. Dia akan memiliki lebih banyak waktu untuk berpikir di mana harus meletakkan objek, memeriksa apakah cakrawala lurus atau tidak, apakah latar belakang sesuai dengan subjek foto atau tidak, dan ada banyak hal lainnya.

Memang akan ada kekurangan dalam penggunaan mode otomatis, tetapi kerugiannya diimbangi dengan lebih banyak perhatian yang bisa diberikan pada “isi foto” itu sendiri. Itu akan sangat penting, terutama bagi mereka yang terlibat dalam fotografi jalanan di mana waktu sangat penting. Kehilangan beberapa detik bisa membuat momen yang menarik menghilang dan momen menentukan yang ingin Anda lewatkan. Itulah keuntungan terbesar menggunakan mode otomatis. Sesuatu yang sangat disadari oleh Eric Kim, master fotografi jalanan.

Tingkat kegagalan karena kesalahan teknis menurun.

Ada keuntungan tambahan, yaitu tingkat kegagalan karena kesalahan teknis menurun. Memang, bagi mereka yang sudah mahir, menyesuaikan pengaturan kamera bisa hanya sepersekian detik. Itu karena pengalaman, pengetahuan, dan kemampuan mereka untuk menilai sesuatu telah sangat terasah.

Namun, bagi pemula, dengan pengalaman minimal, ini bisa sangat sulit. Tidak pernah mudah untuk menilai kondisi dan situasi saat memotret dan kemudian menerjemahkannya ke pengaturan kamera yang tepat. Tidak mudah sama sekali. Kesalahan dalam pengaturan pengaturan kamera, seperti ISO saja dapat membuat foto menjadi terlalu terang atau kurang terang. Hasilnya bisa mengecewakan. Menggunakan mode otomatis dapat mengurangi kemungkinan kesalahan. Ini tidak akan menjadi wow dan hasilnya tampak “aman”, tetapi bukankah itu lebih baik daripada foto yang buram atau terlalu gelap?

Itulah pembahasan mengenai Inilah Fungsi Mode Otomatis Dalam Dunia Fotografi. Semoga bermanfaat ya

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 8 =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker