KameraSony

Spek Kamera Super Canggih Sony Alpha A6400

Spek Kamera Super Canggih Sony Alpha A6400

Spek Kamera Super Canggih Sony Alpha A6400

Spesifikasi Sony Alpha A6400

Kamera Sony Alpha A64000 merupakan kamera mirrorless dari Sony jenis APS-C yang ringan dan ringkas dibekali dengan teknologi canggih yang sudah full frame. Sony Alpha 6400 rilis 6 April tahun 2019 yang sudah Memiliki kecepatan tinggi dengan autofocus atau Af yang paling cepat di dunia, waktu yang dibutuhkan untuk mengatur autofocus hanya 0,02 detik saja, dan yang menjadi keunggulan lain dari kamera ini adalah kemampuan real time tracking dan fitur Real-time eye AF.

 

Sony dalam pembuatan spek kamera Sony Alpha A6400 mengklaim produknya memiliki lima nilai tambah atau keunggulan dari segi lensa, kecepatan, kualitas gambar, body kompleks dan baterai.

 

Sebelum membahas lebih detail mengenai spek kamera Sony Alpha A6400 kita terlebih dahulu harus tahu bahwa kamera Sony Alpha A6400 adalah jenis kamera mirrorless.  Apa itu kamera mirrorles? Kamera Mirrorless adalah jenis Kamera yang tidak menggunakan jendela bidik optik atau cermin layaknya DSLR, meskipun tidak memiliki jendela bidik optik namun kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera mirrorless ini setara dengan hasil gambar DSLR karena image sensor yang dipakai yang sama besar. Tidak memakai jendela bidik optik membuat ukuran mirrorless lebih ringkas dan kecil dengan kemampuannya masih bisa berganti lensa layaknya DSLR. Jadi bentuknya setara dengan kamera poket lebih besar sedikit karena menggunakan lensa yang bisa diganti namun kemampuannya sama dengan DSLR bahkan ada yang lebih bagus. Adanya kamera mirrorless ini didasari dari sebuah gagasan untuk mengecilkan kamera SLR atau DSLR yang selama ini ada.

 

Produsen pembuat kamera mirrorless seperti Sony terus berupaya supaya kekurangan dalam kamera mirrorless bisa diatasi dan mampu memberikan fitur-fitur baru yang lebih canggih pada kamera yang dikeluarkannya.

 

Lensa spek Sony alpha 6400

Sony Alpha A6400

lensa yang dipakai di kamera Sony Alpha A6400 adalah yang jenis lensa E-mount sony. Lensa E-mount adalah lensa kamera yang dibuat khusus untuk kamera mirrorless dengan tipe APSC, mengapa dibuat khusus? karena kamera tipe APSC memiliki sensor yang lebih kecil dan diameter yang lebih kecil pula. Dari segi sensor pencitraan Sony Alpha A6400 memiliki aspek radio 3:2, total ada 25 megapiksel di kameranya namun yang efektif hanya 24,2 MP untuk tipe sensornya sendiri CMOS Exmor dengan tipe APS-C berukuran (23,5 x 15,6 mm) yang menarik pada sensor juga terdapat sistem lapisan debu yaitu berupa lapisan pelindung yang dipasang pada filter optik dengan mekanisme getaran ultrasonik.

 

Jendela bidik kamera Sony Alpha A6400 menggunakan jendela bidik jenis elektronik 1 cm tipe 0,39 warna, dengan jumlah titik ada 2.359.296 titik, kecerahan bisa diatur dari -2 hingga +2, tingkat kecepatan jendela bidik dalam frame untuk Mode NTSC standarnya 60 fps (Frame Per second) sampai 120 fps super slow  dan untuk mode PAL standar 50 fps sampai 100 fps.

 

Kecepatan autofocus

Disebut sebagai kamera dengan kecepatan autofocus tercepat di dunia menjadi nilai lebih bagi kamera Sony Alpha A6400. Titik fokus fast Hybrid AF, AF di sini untuk mendeteksi kecepatan dan pendeteksi kontras. Sensor fokus yang dipakai adalah jenis sensor CMOS Exmor dengan nilai titik fokus 425 titik AF deteksi fase dan nilai yang sama untuk AF pendeteksi kontras. Sensitivitas fokus antara ekuivalen -2 sampai ekuivalen 20 untuk ISO 100 dengan pemasangan lensa F2.0. Ada beberapa mode fokus yang bisa dipilih pengguna yaitu AF-A atau Automatic AF, AF-S atau single-shot AF, AF-C atau Continuous AF, Manual Focus dan DMF atau direct manual focus. Di dalam spek Sony Alpha 6400 tersemat juga fitur Eye-start AF namun hanya bisa ketika sudah memasang LA-EA2 atau LA-EA4 yang terjual terpisah dengan paket pembelian.

 

Kualitas gambar yang dihasilkan kamera Sony Alpha 6400

Kualitas gambar Sony mempercayakan hasilnya pada kamera jenis APS-C yang akan crop factor sebesar 1,5x, resolusi hasil kameranya maksimal 6000 x 4000 piksel. Rasio gambar menggunakan dua ukuran yaitu 3:2 dan 16:9 dengan jenis sensor yang dipakai adalah CMOS, format gambar yang dihasilkan yaitu RAW dan JPEG, kedalaman bit sebesar 14-bit sayangnya pada spek kamera Sony Alpha A6400 belum memiliki stabilisasi gambar.

 

Kualitas gambar didukung pula dengan ISO yang memiliki rentang 100 sampai 32000 bisa diperpanjang lagi up to 102400. Kecepatan rana bagian depan elektronik sebesar 1/4000 sampai 30 detik untuk mendukung gambar bergerak maupun gambar diam. Untuk Mode pencahayaan yang dipakai ada pilihan prioritas aperture, mode otomatis, mode manual mode program dan mode prioritas rana. Perluasan ISO menjadi 102400 ditambah dengan peningkatan algoritma dari gambar, penurunan noise dan teknologi reproduksi detail bisa menghasilkan gambar yang realistis, dengan detail gambar yang lebih baik pada area bayangan, warna jadi lebih nyata (rona kulit manusia dan warna tumbuhan yang natural)

 

Ukuran kamera Sony Alpha A6400 ringan dan praktis

Seperti yang kita tahu bahwa kamera mirrorless memiliki berat yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan kamera DSLR, untuk Kamera Sony Alpha A6400 sendiri  memiliki berat 403 gram kamera dan baterai dengan dimensi 120 x 66,9 x 59,7 mm ukuran yang ringan, mudah digenggam dan tentunya lebih simple saat digunakan. Secara desain  tampilan, Sony Alpha A6400 membawa sebuah peningkatan secara kustomisasi dan fungsional dimana fitur terbaru dari segi tampilan pada kamera  adalah layar LCD tipe 3.0 bisa dilipat atau ditekuk sampai 180 derajat.

 

Baterai atau daya kamera Sony Alpha A6400

Dalam paket pembelian disertakan juga baterai isi ulang berjenis NP-FW50 kapasitas 1080 mAh dengan masa pakai baterai untuk keperluan foto sekitar 360 atau 410 untuk monitor LCD yang merupakan standar CIPA. Masa pakai baterai untuk mereka film secara nyata sekitar 70 menit pada pengoperasian jendela bidik dan 75 menit untuk monitor LCD, sedangkan untuk masa pakai baterai pada perekaman film kontinu bisa sampai 125 menit. Pengisi baterai menggunakan daya baterai internal dengan suplai daya dari kabel USB yang diberikan oleh Sony dalam paket pembelian.

 

Fitur kelebihan dari spek kamera Sony Alpha A6400

Kamera Sony Alpha A6400 

Gambar indah dihasilkan dari performance AF yang terbaik

auto fokus yang menjadi unggulan dari kamera Sony Alpha A6400 merupakan jenis yang paling cepat dengan akurasi yang tinggi. Menghasilkan gambar dengan detail yang menakjubkan karena inovasi dari 425 titik AF pendeteksi fase yang bekerja sama dengan AF deteksi kontras, sehingga mampu mendapatkan kecepatan bidik 0,02 detik. Ada juga teknologi pelacak High density autofocus yang bekerja mengikuti objek yang sedang bergerak tidak beraturan.

 

AF lebih akurat dalam pencahayaan redup dibanding kamera lain

Autofocus dalam dengan akurasi tinggi dimungkinkan meskipun dalam keadaan yang gelap dengan minim cahaya, hal ini berkat kemajuan algoritma dari auto fokus. Batas bawah cahaya dalam deteksi AF akan berkurang sebesar -2 pangkat 12 ekuivalen dalam mode autofocus shot.

 

Autofokus saat pembesaran fokus menjadi lebih halus

mode autofocus super akurat diaktifkan ketika misal sedang mengambil gambar makro, kita bisa memperbesar area umum yang ingin difokuskan setelah itu mengatur titik fokus yang diinginkan pada jendela bidik optik atau bisa juga dilakukan di layar LCD kamera

 

Mengambil gambar potret lebih akurat dengan Real-time eye AF

Kamera Sony Alpha A6400

 

Fitur real-time eye AF akan otomatis menyala setelah menekan setengah rana, anda dapat mengatur fokus mata kanan dan mata kiri atau bisa juga dilakukan secara otomatis. Setelah fokus pada mata ditentukan pada menu AF-C akan menjaga fokus tetap bekerja stabil bahkan jika setengah wajah dalam posisi tersembunyi atau dalam mode wajah terkena paparan cahaya latar atau objek yang menghadap ke arah bawah.

 

Manual Fokus jadi lebih mudah dengan adanya penyempurnaan fungsi peaking

Fitur paking bekerja pada kamera ketika sedang menyoroti warna pada bagian yang memiliki fokus paling tajam dari keseluruhan gambar ketika kita menggunakan mode fokus manual. penyempurna peaking ini adalah perubahan warna biru pada warna tampilan peaking yaitu merah, putih dan kuning. Fungsi Peaking menjadi menarik ketika kita melakukan fokus objek yang rumit dalam pengambilan gambar potret atau mikro.

 

Proses gambar dengan teknologi BIONZ X generasi terbaru

Spek kamera Sony Alpha A6400 dilengkapi dengan sensor CMOS Exmor dengan jumlah pixel 24,2 MP yang memiliki ukuran APS-C. Mampu menghasilkan daya sensitivitas yang lebar dan noise yang rendah, menggunakan  teknologi BIONZ X generasi terbaru sehingga mampu menghasilkan gambar dengan resolusi yang tinggi, indah dan kejernihan gambar yang luar biasa. Gambar yang dihasilkan dengan format RAW sebesar 14-bit, sinyal analog ini dikonversikan oleh sistem BIONZ X  mengalami pemrosesan menjadi 16-bit kemudian dikonversi lagi untuk output menjadi RAW 14-bit hal ini yang bisa menghasilkan rona gradasi menjadi lebih natural dan halus.

Sony Alpha A6400

Rasio 1:1 untuk kebutuhan sosial media

sering berfoto untuk kebutuhan sosial media seperti instagram, dengan spek kamera Sony Alpha A6400 ini kita sudah tidak perlu croping gambar hasil dari foto karena kini rasio 1:1 sudah bisa langsung di dapatkan di kamera mirrorless Sony Alpha A6400, setelah foto langsung upload.

 

Kualitas Perekam film 4K dengan kecepatan Bit tinggi dalam format XAVCS

Format 4K dengan ukuran 3840 x 2160 bisa didapatkan pada kamera Sony Alpha A6400, kecepatan Bit yang tinggi dengan maksimal kapasitas 100 Mbps membuatnya menghasilkan gambar lebih realistis. penggunaan kamera ini bisa dipakai untuk kelas profesional ditambah dengan adanya dukungan HGL sudah pasti hasil film bagus akan didapat.

 

Selain kekuatan 4K gerakan slow motion bisa didapatkan dengan perekaman berkecepatan 60x dan lambat sampai 5x dengan 120 fps. Bagusnya setelah merekam gambar kita tidak membutuhkan PC untuk bisa melihat. Pelacakan AF juga menjadi stabil dan presisi untuk mendukung perekaman film yang lebih baik,

 

Membuat time lapse semakin mudah

kecepatan pengambilan gambar kamera untuk time lapse sekitar 1 sampai 60 detik yang selanjutnya dapat diedit untuk menghasilkan video time lapse.

 

Layar flip 180 derajat

Spek kamera Sony Alpha A6400 sudah mendukung kegiatan vlog bagi youtuber untuk mengambil video karena layarnya yang sudah bisa diputar sampai 180 derajat, Self pun menjadi lebih mudah. Pengoperasian LCD meliputi Touch Pad yang memungkinkan pergeseran LED secara halus, menentukan titik fokus dengan fokus sentuh, Rana sentuh dan pelacakan sentuhan untuk bisa mengaktifkan Real-Time AF.

 

Dukung Microphone External

Berbeda dengan saudara-saudaranya terdahulu yang tidak dukung mikrofon eksternal kali ini spek Sony Alpha A6400 sudah bisa untuk input audio menggunakan mikrofon eksternal. Dalam pemasangan mikrofon ini bisa memilih opsi line input dengan koneksi XLR, menggunakan kit adaptor yang terpisah. koneksi microfon eksternal bisa dilakukan dengan berbagai kelas microfon audio.

 

Pengambilan Gambar S-log atau S-Gamut untuk ekspresi pada color grading

pengambilan gambar dengan S-Log memiliki fleksibilitas dalam pembuatan film dimana nanti gambar yang dihasilkan akan lebih ekspresif untuk color grading warna pada saat editing. Kurva dari S-log3 dan S-Log2 memiliki rentang dinamis yang lebar sampai 1300%, hal ini membantu meminimalisir sorotan blok bayangan dan sorotan yang lebih terang.

 

Kemudahan dalam pembuatan film

Alur kerja dari seorang filmmaker akan semakin dipermudah dengan menggunakan Spek kamera Sony Alpha A6400 karena adanya berbagai fitur canggih yang disematkan di dalamnya. Fitur canggih diantaranya Output HDMI yang lebih bersih, ada kode waktu atau bit, adanya kontrol perekaman, slow dan quick motion, penyimpanan yang terpisah antara gambar diam dari file film, ISO auto dan lain sebagainya.

 

Dukungan fungsi costume untuk operasional yang lebih baik lagi

ada 8 tombol yang dapat dialokasikan sesuai keinginan dari pengguna untuk 89 fungsi pemutaran dan pengambilan gambar, fungsi yang sering dipakai dapat diatur pada tombol putar dan juga my dial. pada My menu memungkinkan pengaturan 30 item.

 

Proteksi gambar supaya tidak terhapus

Gambar yang tersimpan dalam memori bisa diproteksi atau diberi peringkat supaya tidak terhapus. Hal ini bermanfaat untuk kita yang suka memilih gambar setelah foto supaya pilihan gambar terbaik tidak terhapus atau bisa dengan mudah dilihat.

 

Fungsi Flash semakin jadi serbaguna

Sekarang penggunaan Flash nirkabel yang kompatibel dengan spek kamera Sony Alpha A6400 dapat digunakan untuk mengaktifkan rear curtain sync dan juga slow sync, untuk peningkatan opsi kreatif dalam hal pencahayaan dan menghasilkan gambar jauh lebih baik.

 

Kontrol jarak jauh dengan aplikasi dan remote

pengambilan dari jarak jauh bisa dilakukan dengan remote atau aplikasi desktop dari Sony yaitu imaging edge, sekarang mengontrol kamera dari jarak jauh juga bisa dilakukan untuk pengaturan fokus, melihat komposisi secara presisi dan bisa melihat tampilannya langsung di laptop. Sony Alpha A6400 juga sudah kompatibel dengan iMovie dan Final Cut Pro X.

 

Kelebihan spek dari Sony Alpha A6400 yang paling banyak orang kagumi adalah kemampuannya yang sudah mendukung vlog. Kamera Sony Alpha 6400 didukung dengan kecerdasan buatan AI dalam kamera ini mampu mengenali dan mendeteksi wajah objek dalam foto dan mampu mengunci fokus pada bagian mata atau dengan kata lain kecerdasan buatan yang diberikan bernama real-Time Eye AF. Dengan adanya AI pada kamera Sony AA6400 sudah bisa membedakan antara manusia, hewan, kedalaman dan warna.  Dari berbagai sumber kamera Sony Alpha A6400 baru dirilis untuk Indonesia pada 6 April 2019 sebagai produk generasi terbaru dari Sony setelah 3 tahun tidak mengeluarkan produk seri Alpha A6400, harganya sendiri berkisar antara 12 juta tergantung dengan fasilitas yang akan didapatkan nantinya.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 − 2 =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker