KameraSony

Spesifikasi Sony A7 III

Spesifikasi Sony A7 III

Kembali berusaha menancapkan taring di sektor kamera mirrorless, Sony merilis spesifikasi Sony A7 III yang gahar dan sulit untuk disaingi oleh kompetitor di kelasnya. Kehadiran kamera dengan target pasar pengguna entry level ini telah dinantikan lama oleh penggemarnya. Apa saja kira-kira daya tarik dari A7 III ini?

Spesifikasi Sony A7 III

Desain Elegan Sony A7 III

Sebagai kamera mirrorless, Sony A7 III tentunya memiliki berat total lebih ringan dibandingkan dengan versi DSLR. Beratnya hanya 650 gram di mana sudah termasuk dengan baterai. Sedangkan dimensi A7 III sendiri adalah 127 x 96 x 74 mm. Hal itu membuatnya praktis dibawa saat bepergian.

Spesifikasi Sony A7 III

Sony A7 III memiliki desain compact dengan material anti debu dan air sehingga untuk digunakan penggunaan outdoor pun tidak terlalu mengkhawatirkan. Meski bahan pelapis yang digunakan masih berjenis plastik, namun tampak jelas dari tekstur kehalusannya, pabrikan asal Jepang tersebut tidak menggunakan bahan baku murahan.

Dari segi tampilan fisik secara keseluruhan, A7 III memberikan kesan elegan dan kokoh, serta tidak mudah slip berkat material plastik yang tidak licin. Ditambah lagi proporsi serta pengaturan posisi tombol-tombol pada bodi memiliki rasio yang pas sehingga tidak mengacaukan fokus ketika digunakan memotret.

Spesifikasi Sony A7 III Lengkap

Spesifikasi Sony A7 III

Resolusi yang disertakan pada kamera A7 III dengan lini Alpha tersebut berupa lensa full frame 24 MP. Meski ditujukan untuk pengguna entry level, faktanya kamera dirancang untuk kelas para profesional sehingga hasil jepretan gambar memiliki ketajaman warna dan objek yang menakjubkan.

Sensor dari A7 III menggunakan Exmor R CMOS dengan struktur cahaya belakang yang membantu menstabilkan penyinaran di lokasi minim cahaya agar gambar yang dihasilkan tetap berkualitas. Prosesor mesin gambarnya memakai BIONZ XTM yang dikombinasikan dengan LSI front-end yang membuat kamera saku ini dapat memroses gambar dan membaca data lebih cepat.

Spesifikasi Sony A7 III

Output data pengambilan gambar A7 III berkisar antara 14 bit – 16 bit, dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan pengguna baik untuk objek diam atau bergerak. Sementara untuk rentang ISO yang disematkan adalah 100-51200 hingga panjang maksimal 50-2048006. Untuk menghasilkan gambar lebih mantap, dilengkapi pula dengan fitur ‘reproduksi detail dan noise’.

Kamera yang dirilis untuk melanjutkan estafet Sony A7 II ini memiliki sistem auto fokus 693 titik phase detection untuk full frame dan 425 contrast detect AF dalam frame 93%. Diperkuat dengan fitur continuous AF, A7 III diklaim dapat mengambil gambar secara akurat dalam waktu 10 kali lebih cepat dibandingkan pendahulunya.

Bagi Anda yang acap kali memiliki permasalahan dengan suara jepretan kamera yang tidak dapat dinonaktifkan hingga kesulitan mengambil gambar di beberapa tempat, maka Sony A7 III ini dilengkapi kemampuan silent shutter di mana memungkinkan Anda mengambil gambar tanpa perlu khawatir menimbulkan suara sedikitpun.

Soal kemampuan dalam perekaman video, Anda tidak perlu khawatir karena tidak ingin kalah dengan teknologi kamera pada ponsel besutannya, mereka pun menggunakan fitur perekaman 4K yang diklaim memotret atau merekam video dengan objek yang lebih hidup. Tentu saja dengan konsekuensi membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar.

Spesifikasi Sony A7 III

Saat Anda merekam dengan resolusi Full HD berformat XAVC S, Anda dapat melakukan peninjauan hasil video kemudian melakukan proses editing langsung di tempat. Anda bisa memperlambat atau mempercepat rekaman video tersebut kemudian menyimpannya kembali.

Konektivitas dan Multimedia Sony A7 III

Dengan tujuan mengakomodasi kebutuhan pengguna, spesifikasi Sony A7 III dibekali dengan layar LCD seluas 3 inci dengan fitur multi touch sehingga sensitif sekaligus responsif terhadap sentuhan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk dapat secara cepat mengatur titik fokus objek maupun melakukan penelusuran gambar dalam waktu singkat.

Layar tersebut dapat digerakkan secara vertikal maupun horizontal mencapai kemiringan maksimal 107o ke bawah 41o. Fleksibilitas ini tentu sangat membantu dalam mempermudah pekerjaan sang fotografer. Anda juga tidak perlu merasa khawatir soal kapasitas penyimpanan pada kamera canggih Sony ini.

Sebab, Sony A7 III dilengkapi dual slot memori. Anda dapat menyimpan banyak fail tanpa perlu cepat-cepat memindahkannya akibat kekurangan penyimpanan. Kartu memori yang didukung adalah tipe UHS-II. Pengguna dapat mengatur penyimpanan file sesuka hati untuk dibagi ke dalam dua slot memori yang terpasang.

Soal konektivitas, Sony menyertakan Bluetooth dan WiFi generasi terbaru yang memiliki speed atau kecepatan transfer data lebih baik dibandingkan versi pendahulu maupun produk pesaing. Jadi, Anda tidak perlu kesulitan dalam memindahkan atau mengirim file ke perangkat lain karena dapat menggunakan sambungan nirkabel.

Hanya karena dilengkapi nirkabel, bukan berarti Sony mengabaikan metode transfer data manual. USB generasi tipe C yang terkenal dengan kecepatan kilatnya turut disertakan dalam paket penjualan. Ditambah lagi kabel HDMI untuk keperluan play  in di perangkat lain seperti PC atau Smart TV.

Baterai Super Awet

Salah satu problematika kamera yang menawarkan spesifikasi tinggi adalah kapasitas serta daya tahan baterai yang acap kali mengecewakan. Namun, sebagai pabrikan elektronik kelas dunia, Sony tidak ingin bermain-main dengan hal tersebut sehingga memberikan baterai terbaik untuk seri A7 III, yaitu NP-FZ100.

Baterai ini diklaim mampu bertahan dalam pengambilan 710 foto sekali pengisian. Hebatnya lagi, baterai Sony A7 III tersebut dilabeli sebagai baterai kamera mirrorless terkuat di dunia. Tidak hanya sampai di situ, fitur Quick Charge juga memungkinkan pengisian baterai dalam waktu yang lebih singkat.

Keunggulan Sony A7 III Dibandingkan Versi Terdahulu dan Produk Pesaing

Deretan spesifikasi mengagumkan yang telah dijabarkan di atas akan membuat Anda mudah menyepakati kesimpulan bahwa A7 III telah memenangkan kompetisi mirrorless kelas menengah. Meski demikian, inilah rangkuman lengkap keunggulan Sony A7 III :

  • Ditujukan untuk kelas menengah atau advanced-level, namun memiliki kualitas mumpuni untuk fotografer profesional.
  • Kamera memiliki kinerja yang responsif dan cepat dalam pengambilan gambar serta pengolahan data sehingga dalam pekerjaan yang memiliki waktu singkat, Sony A7 III dapat diandalkan.
  • Konektivitasnya lengkap dan canggih di mana mempermudah keperluan transfer data baik secara nirkabel maupun manual tanpa ribet maupun memakan waktu lama.
  • Bodi lebih ringan dengan desain yang compact sehingga nyaman digenggam namun tetap terasa kokoh.
  • Daya tahan baterai sangat mengagumkan, membuat pengguna tidak perlu khawatir ketika melakukan pemotretan di daerah minim listrik.
  • Untuk penggunaan outdoor, kamera relatif aman berkat material anti debu dan air sehingga tidak mudah kotor dan meminimalisir risiko kerusakan akibat cuaca ekstrem.

Untuk dapat menikmati semua keunggulan yang ditawarkan oleh spesifikasi Sony A7 III tersebut, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu tinggi. Sebab, kisaran harga jualnya hanya 16-17 juta per unit, hanya body dan kelengkapan. Bila lengkap dengan lensa dibanderol kurang lebih 26-32 juta rupiah.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − three =

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker